Senin, Agustus 01, 2016

Wedding Plan (Preparation)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ


Dengan niat baik, aku ingin mencoba menulis persiapan aku sebagai bride to-be / calon pengantin wanita dengan harapan dapat membantu calon pengantin wanita lainnya yang masih bingung dengan apa saja yang perlu disiapkan. Jujur, sebenarnya aku juga bingung. Oleh karena itu aku sering tanya-tanya ke teman-teman / saudara aku yang sudah menikah. 

Persiapan Pertama (walaupun belum ada omongan tanggal pernikahan atau sebagainya) adalah
BUAT DAFTAR UNDANGAN YANG INGIN KAMU UNDANG.
Daftar undangan ini, harus benar-benar teman atau kenalan kamu yang sering bertemu, agar kemungkinan mereka datang ke pernikahan anda tinggi. Kebanyakan buat daftarnya? tidak masalah. Nanti setelah kalian selesai membuat daftar, lihat lagi daftar kalian, dan perkirakan apakah mereka bisa datang atau tidak. Nanti kalian bisa hapus/coret yang menurut kalian ternyata kehadiran mereka tidak terlalu kalian harapkan.
Contoh :
Kamu tulis nama "A" di daftar kamu padahal kamu tahu bahwa si "A" sedang bekerja diluar negeri.
Kalau "A" memang teman dekat kamu, kemungkinan ia untuk pulang dan hadir pernikahan kamu cukup tinggi. Namun perlu dipertimbangkan juga, ongkos si "A" balik ke Indonesia pasti tinggi jika agak mendadak. Usahakan minimal 3 bulan sebelumnya sudah mengabari si "A".
[Kalau aku sih, aku buat di excel daftar undangannya, biar lebih enak nanti kalau mau ngedata yang lainnya.]

Persiapan Kedua adalah BUAT DAFTAR UNDANGAN YANG INGIN ORANG TUA UNDANG.
Ini agak pro & kontra juga sih. Ada yang berpendapat bahwa "pernikahan gw, yaa tamunya tamu-tamu gw lah" , ada juga yang berpendapat "pernikahan itu bukan hanya menikahkan kamu dengan pasangan kamu, namun keluarga kamu juga". Oleh karena itu, coba tanyakan kepada orang tua dan calon mertua kamu, kira-kira mereka mau undang siapa saja, berapa orang. Kalau kalian punya orang tua atau calon mertua yang mempunyai koneksi yang cukup luas, bisa jadi jumlah undangan kamu dengan jumlah undangan orang tua kalian kalah banyak, Hahahaa...Ini beneran ada loh yang seperti ini. (Aku seperti itu soalnya.. he hee..tapi gapapa, kalau resepsi kan semakin banyak orang datang, semakin banyak juga amplop yang masuk. he hee #salahfokus)

Persiapan Ketiga adalah SIAPKAN BUDGET.
Untuk kalian yang masih ga jelas persiapannya (belum tau apa-apa), coba deh cek blog-blog orang lain yang berisikan budget pernikahan atau kira2 pengeluaran pernikahan. I must say, kalian siapin aja dulu dana minimal 100 juta. Kenapa segitu ? baik kalian mau menyelenggarakan di rumah ataupun di gedung, 100 juta itu sudah angka standard pernikahan di Jakarta. Aku jelasin ya.. Katering-katering kan sudah banyak yang menyediakan paket pernikahan (yang mau ngirit, pilih paket pernikahannya yang sesuai kantong kalian yaa). Walaupun ada katering yang dapat menawarkan kalian paket pernikahan dibawah 100 juta, biasanya paket itu tidak termasuk undangan, souvenir, baju seragam panitia, baju kebaya dll. Kalian harus waspada dengan pengeluaran tidak terduga, makanya aku saranin sudah siapin at least 100 juta. Tapi jangan jadiin patokan juga yaa kalau budget pernikahan kalian harus 100 juta karena balik lagi kepada keinginan pernikahan kalian, keinginan keluarga dan pertimbangan lainnya. Yang penting, kamu rembukkin dulu dengan pasangan, kira-kira berapa budget yang harus kalian siapkan.

Diwaktu senggang, aku sering browsing catering apa yang bagus, venue pernikahannya juga dimana yang bagus.. Dan jujur, menurut aku hasil yang aku browsing ada kurang dengan apa yang aku ingin tahu. Memang bagusnya kita harus survey langsung (venue maupun catering) kalau kita mau tahu harga sewa gedung, harga paket pernikahan dan lain lain.

Hmm.. mungkin sampai disini dulu aku ngepost nya. Nanti aku lanjutin lagi yaa.. my journey as a bride to be. Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan untuk calon pengantin lainnya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
:*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comments/questions/critics/tips for this blog. (^_^)/ Thank you~